Wednesday, April 29, 2015

Pembalut Kain a.k.a menspad CLUEBEBE


Terinspirasi oleh seorang rekan kerja yang sudah pakai menspad (matur nuwun bu Puji ^_^), akhirnya tergoda juga pake menspad. Butuh beberapa bulan untuk memantapkan hati menambah repotisasi dalam keseharianku. Setelah mengalami iritasi gara gara pake menspad sekali pakai, akhirnya bener bener mantap beralih ke menspad yang terbuat dari kain. Selain itu sempat mikir juga, meskipun pake menspad/pembalut sekali pakai toh tetep dicuci dulu baru dibuang.  Sama sama nyuci tapi menspad kain kan  masih bisa dipake berulang kali.

pembalut kain






Awalnya pengen yang ini nih!
menspad Sobi lapisan Charcoal

Lapisan luar kain dengan dilapisi serat PUL dibagian dalam

colorful!! bahkan ada yang motif polkadot, lupa merk apa

Karena di Griya Avicena lagi out of stock beralih ke cluebebe. (Horray, ibuk n anak sama2 pake Cluebebe). Beli 4 di bulan Januari.
Dan inilah si cluebebe!
kemasannya cuma plastik. tapi ada instruksinya kok!

Lapisan Microfiber  warna putih. tekstur lembut banget. Cepet banget menyerap ke lapisan dalam (Microfleece). Meskipun ga da gel, tapi daya serap bagus!

Lapisan yang pink ini meskipun bahannya kain tapi ada lapisan PUL (Polyurethane Laminate) yang akan menahan cairan bocor. PUl ini juga ada di hampir tiap lapisan Clodi.
Apa sih PUL? Menurut Wikipedia PUL adalah:
a compound fabric made by laminating a cloth fabric to a thin film of polyurethane. Polyurethane laminated fabrics have a wide range of applications in medical, automotive and garment uses, PUL generally refers to a specific type used by makers of resuable incontinence products and accessories such as nappies, wet bags, and cloth menstrual pads.

Singkatnya PUL ini adalah kain yang dilapisi lapisan tipis polyurethane  yang biasa digunakan untuk membuat produk2 reusable semacam clodi dan menstrual pad


Cara pakai: tinggal pasang snap di celana. jangan khawatir, ga gampang geser kok.
Cluebebe concern banget sama lingkungan, tuh, ngajakin kita untuk mencintai bumi

See! ada penjelasan mengenai perawatan si menspad ini

Zoom in ^_^
Tips tambahan juga ada
Penjelasan mengenai pemasangan

Awalnya skeptis abis sama menspad ini, tipis eui! bisa nahan berapa jam nih?? Bakal bocor ga? dan yang paling ga suka warna lapisan microfleece nya putih. Yang kebayang pasti susah nyuci noda-nya.

OK, dimulai review pemakaian menspad cluebebe ini.
What I Hate
  • Ribet, ada prewash nya! kaya si clodi, hwaaah, kalo kalian tipe orang2 sibuk n praktis pasti ga cocok pake ini. Mo dipake, dicuci dulu yak biar performa (daya serap) makin mantap n menghilangkan sisa2 proses pembuatan di pabrik .
  • Ribet, ini ribet yang ke dua.Tiap orang pasti punya  durasi tertentu untuk ganti pembalut ini kan? Nah, pas kerja atau skul atau kuliah atau lagi OTW, butuh ganti kita harus punya waktu n kesabaran plus persiapan mantep. Waktu, lha kan ada proses siram-kucek2 pelan-bilas. apalagi pas hari2mu heavy flow kaya hari pertama n kedua. harus sering ganti, harus nyuci lagi nyuci lagi *__* . Next, Sabar, iyak, sabar, proses pencucian yang notabene ga di kamar mandi rumah pasti butuh adaptasi kan?? Persiapan, berikutnya harus siap sedia kresek di kantor/skul untuk bawa pulang hasil cucian kita kan?
  • Microfleece putih! berharap Cluebebe nyediain bahan lapisan Charcoal yang warnanya abu2.

What I love
  • Ga bikin iritasi. Beli menspad gara2 iritasi pake produk menspad sekali pakai yang biasa dipakai tiap bulan charm. Padahal merk ini favoritku setelah kotex.
  • Daya serap mantep uey! Bisalah dipakai 4-5 jam an saat heavy flow.dan 5-6 jam an pas udah hari biasa.
  • Microfiber  putih, keliatan kalo nyucinya ga bersih.
  • lagi2 alasan irit! yak dah 2 bulan ga beli pembalut sekali pakai
  • Horreyy 2 bulan sudah ga bingung buang menspad.  

My own Tips
  • Tiap nyuci jangan dipelintir biar ga ngerusak serat baik PUL, Microfleece maupun Microfiber 
  • kalo memang ada dana berlebih beli 6 aja sekalian. pasti ada diskon, coz baru punya 4  cuci-keringnya kejar tayang.

No comments:

Post a Comment